Sejarah dan Latar belakang Proklamasi Indonesia

Sejarah dan Latar belakang Proklamasi Indonesia

sejarah proklamasi



Gurusejarah.id-Pada Agustus 1945, posisi Jepang dalam Perang Pasifik mendekati kekalahan. Jepang kemudian menyerah kepada sekutu atas bom yang dijatuhkan di kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). 

Penyebab dari jatuhnya Jepang ke tangan sekutu merupakan latar belakang penting dari sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945.

Pada dasarnya, orang Indonesia hampir tidak tahu bahwa Jepang telah menyerah. Itu karena saat itu semua radio disegel. Soekarno dan Hatta selaku pimpinan PPKI serta Radjiman Wedyodiningrat selaku bekas ketua BPUPKI.

Beliau diterbangkan ke Dalat untuk menemui Marsekal Terauchi. Belakangan dikabarkan bahwa Jepang di ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Di Indonesia sendiri, pada 10 Agustus 1945, para pejuang muda bawah tanah mendengar bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu melalui siaran radio Sutan Syahrir.

contoh teks proklamasi asli


Kejadian Rengasdengklok


Karena terdapat pemahaman yang melibatkan golongan muda dan juga golongan tua, sehingga melatarbelakangi terjadinya peristiwa Rengasdengklok. Dikutip dari buku "Wangsit (Penangan Masalah Sulit) HOTS UTBK SBMPTN Soshum 2021" yang ditulis oleh Tim Master Tentor (2020: 463).

Yang berisi kalau saat itu para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang. Upaya para pemuda ini ditujukan untuk menekan Soekarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia tanpa campur tangan Jepang.


Peristiwa Rengasdengklok ini kemudian berakhir setelah Soekarno dan juga Hatta sepakat untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia paling lambat tanggal 17 Agustus 1945.

Penyusunan dan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Dikutip dari buku Sejarah 3 SMA Kelas XII Program IPS yang ditulis oleh Sardiman (2008), perumusan teks proklamasi dilakukan pada tanggal 16 Agustus 1945 di rumah Laksamana Maeda. Teks proklamasi merupakan hasil pemikiran Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo.


Naskah proklamasi itu kemudian ditandatangani oleh dua orang saja, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama rakyat Indonesia. Ide tersebut dikemukakan oleh seorang tokoh pemuda bernama Sukarni. Sedangkan Fatmawati berperan dalam menjahit bendera merah putih yang akan dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan.

Pembacaan teks proklamasi juga dilakukan oleh Soekarno dan didampingi oleh Moh. Hatta pada pagi hari pukul 10.00 WIB tanggal 17 Agustus 1945. Itulah latar belakang sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Semoga informasi ini bermanfaat!
Load comments