Manfaat Pendidikan Bagi Generasi muda

Manfaat Pendidikan Bagi Generasi muda

apa mafaat pendidikan bagi generasi muda


Apa Manfaat Pendidikan Bagi generasi Muda ?

Gurusejarah.id-Halo sobat sejarah kali ini kita akan membahas seputar pentingnya pendidikan bagi kita. Karena dengan pendidikan merupakan suatu proses belajar untuk menambah pengetahuan dan juga keterampilan yang dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan dapat diraih oleh semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua. 

Pendidikan sangat penting bagi siapa saja yang ingin melatih dan mengembangkan potensi dirinya. Adanya Pendidikan tentu akan melalui proses seperti pertumbuhan dan juga perkembangan, setiap individu juga dapat menambah kreativitas, pengetahuan yang lebih, serta kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab tentunya.

Apakah pendidikan hanya di sekolah saja ?

Tentu saja Pendidikan ini tidak hanya dapat kita temui diligkuan sekolah. Karena setiap hal dapat kita pelajari di luar sekolah. Pendidikan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, bisa bersama siapa saja, Contohnya jika dalam lingkungan pendidikan formal, di sekolah-sekolah atau sebagai pendidikan terstruktur. 

Selain itu, ada juga pendidikan nonformal, Dimana pendidikan ini dilaksanakan di luar pendidikan formal, seperti lembaga kursus (bimbel), lembaga pendidikan (ekstra kurikuler), kelompok belajar dan lain-lain. Ada juga pendidikan informal, keluarga atau lokal.


Nah jika berbicara mengenai Pendidikan, tentu generasi muda saat ini merupakan suatu garda terdepan yang sangat dibutuhkan oleh negara. Karena dalam pembangunan bangsa dan sebagai generasi penerus bangsa, dengan adanya generasi seperti sekarang ini tentu akan membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas untuk masa yang akan datang. 

Selain itu, pendidikan juga akan berperan penting dalam membantu negara untuk menjadi lebih maju dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Alasan lain mengenai pentingnya pendidikan adalah untuk menciptakan semangat nasionalisme. Semakin sedikit generasi yang terdidik, semakin sedikit generasi yang memiliki semangat nasionalisme.

Nasionalisme adalah rasa memiliki terhadap suatu bangsa dan negara. Jika nasionalisme kurang, hal ini tentu dapat menyebabkan generasi muda tidak lagi peduli dengan bangsa dan juga negara di masa depan. Lebih jauh, pendidikan karakter sangat penting dalam penguatan karakter generasi muda karena mengajarkan kepada kita norma kesusilaan, norma agama dan norma lainnya. 

Dengan mengikuti semua standar tersebut, generasi muda akan memiliki karakter kuat yang dibutuhkan untuk membentuk masa depan. Oleh sebab itu sebagai genarasi muda kita wajib memiliki semangat terutama dalam belajar karena dengan pendidikan kita dapat bersaing dengan bangsa lainnya terutama dalam hal-hal yang positif. Semoga bermanfaat.
Load comments