Apa itu RPP dan Cara Membuatnya

Apa itu RPP dan Cara Membuatnya

apa itu RPP dan cara membuatnya


Gurusejarah.id-halo sobat sejarah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian RPP dan bagai mana langkah-langkah membuat RPP yang baik dan benar. Oleh sebab itu simak terus penjelasannya ya.


1. Apa itu RPP

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentu merupakan suatu hal wajib yang dimiliki oleh seorang guru. Adanya RPP ini tentu bisa menjadi suatu pendoman bagi guru guna melaksanakan proses pembelajaran, sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku.


RPP dikembangkan dari silabus dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai KD atau Kompetensi Dasar. RPP juga bisa dikatakan sebagai prosedur dan pengorganisasian dalam suatu pembelajaran guna mencapai Kompetensi Inti atau KI yang telah ditetapkan dan juga dijabarkan dalam silabus.


Dalam melakukan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau (RPP) tentu memiliki langkah-langkah, Berikut adalah caranya :


1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran

Penulisan identitas mata pelajaran, meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, dan materi atau tema.


2. Menuliskan Kompetensi Inti

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.


3. Menuliskan Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi.


4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.


5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.


6. Materi Ajar

Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.


7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar.


8. Menentukan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan.


9. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.


10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.


11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran

Dalam Kegiatan pembelajaran ini terbagi dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan juga penutup.

a. Kegiatan Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan inti, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

c. Kegiatan Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

Demikian pengertian RPP, komponen, prinsip, dan juga langkah-langkah dalam penyusunannya. Terima kasih dan semoga bisa bermanfaat.

Load comments