Pengertian Sejarah dan Manfaatnya Materi kelas 10

Pengertian Sejarah dan Manfaatnya Materi kelas 10

Pengertian sejarah dan manfaatnya


Gurusejarah.id-Setiap hal yang ada di dunia ini tentunya memiliki cerita maupun sejarah yang perlu kita ketahui agar kita bisa mempelajari apa yang telah terjadi sehinga kita tidak Mengulangi kesalahan yang sama. Sejarah adalah suatu kajian mengenai berbagai macam peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau.

Dan berbagai macam peristiwa ataupun kejadian tersebut tentunya bisa kita amati baik melalui peninggalan an seperti artefak, bukti-bukti tulis dokumentasi kebudayaan dan masih banyak lagi lainnya.
 

Pengertian sejarah secara etimologi

Sejarah berasal dari kata syajaratun yang memiliki arti sebagai pohon. Pohon disini dapat diartikan sebagai suatu yang saling berkaitan anne-marie batang pohon dahan dan juga daun yang diibaratkan seperti asal-usul rumah silsilah, kejadian atau peristiwa serta perkembangannya yang saling berkaitan.

Berikut ini adalah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli:

Herodotus


Herodotus adalah sosok sejarawan pertama yang berasal dari Yunani bahkan ia mendapat julukan an sebagai the father of history atau yang dapat diartikan sebagai Bapak Sejarah. Menurutnya sejarah ini tidak bergerak ke arah depan melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia itu sendiri, dalam artian sejarah ini saling berkaitan dan bisa saja berubah tergantung dari para penyampaiannya.

Ruslan Abdul Gani

Menurut roeslan abdulgani sejarah merupakan suatu bidang ilmu yang di dalamnya dapat meneliti dan juga menyelidiki secara sistematis dan kronologis suatu perkembangan masyarakat maupun kemanusiaan di masa lampau dan juga segala kejadian-kejadian nya.
Moh Yamin

Menurut Moh Yamin sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang telah disusun berdasarkan hasil penyelidikan baik peristiwa ataupun kejadian yang telah dibuktikan kebenarannya nya.

Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun sejarah adalah catatan tentang masyarakat maupun peradaban dunia yang berkaitan dengan perubahan-perubahan yang telah terjadi terutama di lingkungan masyarakat.

Setelah kita mengetahui Beberapa definisi dari sejarah tadi maka kita harus mengetahui juga Bagaimana cara merumuskan sejarah ini karena untuk mengungkapkan suatu kejadian ataupun peristiwa masa lampau dibutuhkan 6 perumusan sejarah yaitu sebagai berikut:

What atau apa

Yang dimaksudkan untuk menunjuk kepada peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Who atau siapa

Ditunjukkan untuk tokoh ataupun orang yang terlibat di dalam peristiwa sejarah

When atau kapan


Yang ditunjukkan pada waktu terjadinya peristiwa tersebut

Where atau dimana


Yang yang ditujukan kepada tempat ataupun peristiwa itu terjadi.

How atau bagaimana


Yang ditunjukkan kepada proses terjadinya suatu peristiwa tersebut.

Why atau Mengapa


Yang ditunjukkan kepada keterkaitan sebab akibat dari peristiwa tersebut.

Konsep sejarah

Setelah kita mengetahui perumusan sejarah maka langkah selanjutnya kita harus mengetahui bagaimana cara ataupun konsep sejarah, para ahli berpendapat bahwa terdapat tiga konsep utama dalam sejarah yang saling berkaitan satu sama lain, berikut ini adalah pengertian dan juga beberapa konsep sejarah.

Sejarah sebagai peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa merupakan suatu kejadian kenyataan, aktualitas yang telah terjadi di masa lalu dan hal tersebut memang benar-benar jadi contohnya saja adalah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus tahun 1945.

Sejarah sebagai kisah

Maksudnya sejarah sebagai kisah ini adalah suatu cerita ataupun narasi berdasarkan ingatan yang telah disusun berdasarkan tafsiran manusia terhadap kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di di masa lampau. Namun Meskipun demikian sejarah sebagai kisah ini tentu berbeda dengan cerita biasa Karena sejarah tetap harus ditulis berdasarkan dengan fakta dan juga bukti-bukti yang sehingga sejarah ini harus disusun dengan integritas tinggi agar tetap objektif dan dapat dipercaya.

Sejarah sebagai ilmu


Sejarah sebagai ilmu membahas mengenai peristiwa fakta-fakta terjadi yang kemudian disusun secara sistematis dan metodologis berdasarkan asas, nur dan juga metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para ahli sejarah. Sehingga sejarah sebagai ilmu ini akan mempelajari mengenai kejadian sejarah secara aktual dan dikaji secara mendalam.
Fungsi sejarah

Menurut Kuntowijoyo sejarah tentu memiliki kegunaan utama dalam perkembangan sejarah itu sendiri mulai dari intrinsik dan juga menyumbangkan pengembangan bagi ilmu diluar sejarah yaitu ekstrinsik. Berikut ini adalah beberapa fungsi sejarah:


Fungsi intrinsik sejarah

  1. Fungsi intrinsik sejarah ini dibeberapa ke dalam beberapa bagian yaitu sebagai berikut:
  2. Sejarah sebagai ilmu
  3. Sejarah sebagai cara untuk mengetahui masa lampau
  4. Sejarah sebagai pernyataan pendapat
  5. Sejarah sebagai profesi

Fungsi ekstrinsik sejarah

Fungsi ekstrinsik sejarah ini juga dibebani ke dalam beberapa bagian yaitu sebagai berikut:

  1. Sejarah sebagai pendidikan formal
  2. Sejarah sebagai pendidikan penalaran
  3. Sejarah sebagai pendidikan politik
  4. Sejarah sebagai pendidikan perubahan
  5. Sejarah sebagai pendidikan kebijakan
  6. Sejarah sebagai pendidikan keindahan
  7. Sejarah sebagai pendidikan masa depan
  8. Sejarah sebagai rujukan
  9. Sejarah sebagai latar belakang
  10. Sejarah sebagai ilmu bantu

Manfaat sejarah bagi kehidupan

Sudah kita ketahui bahwa sejarah ini sangatlah beragam yang tentunya bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dimasa mendatang dengan adanya sejarah kita bisa mengetahui dan mempelajari berbagai hal yang pernah terjadi di masa lampau baik itu kejadian yang buruk maupun kejadian yang  menyenangkan.

Tentu saja hal tersebut tetaplah kita harus pelajari sehingga kita dapat menghindari apa yang pernah terjadi terutama dalam hal-hal yang buruk seperti perang yang tentunya akan merugikan banyak orang.

Sehingga dengan mempelajari sejarah kita bisa menghindari peristiwa mengerikan tersebut, semoga kejadian tersebut juga tidak pernah terulang lagi di masa kini maupun masa yang akan datang. Demikianlah informasi mengenai pengertian sejarah yang perlu kalian ketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian sampai jumpa di pembahasan selanjutnya salam jas merah.


Load comments