Nama Planet beserta urutan, jenis dan juga Gambarnya

Nama Planet beserta urutan, jenis dan juga Gambarnya

Nama Planet beserta ukuran, jenis dan gambar

Berikut ini adalah nama-nama Planet beserta urutan, jenis dan juga gambarnya

Siapa sih yang di sini yang yang sudah mengetahui nama planet kita? Yap nama planet kita adalah Bumi, dan tahukah kalian ternyata di tata surya kita ini terdapat banyak sekali planet hingga bintang-bintang yang terbagi ke dalam beberapa Galaksi. 

Dan Bumi kita sendiri berada di Galaksi Bima Sakti yang terdiri dari sekitar 300 juta Planet, dan ditata Surya kita saat ini terdapat 8 Planet yang berotasi mengelilingi matahari. 

Planet-planet dalam tata surya kita ini ada 8 yaitu, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Dalam rotasinya Planet-planet itu mengelilingi matahari dan juga orbit yang berbeda-beda, berikut ini adalah nama-nama beserta dengan gambarnya.

Planet Merkurius

Planet Merkurius


Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari dan merupakan planet yang ukurannya paling kecil di tata surya. Merkurius memiliki diameter sekitar 4879 km dan membutuhkan waktu sekitar 59 hari untuk melakukan rotasi dan 88 hari untuk melakukan revolusi. 

Planet Merkurius memiliki suhu pada siang hari mencapai 217 derajat Celcius dan ketika malam hari mencapai minus 1,73 derajat Celcius hal ini dikarenakan karena planet ini letaknya paling dekat dengan bumi.


2. Planet Venus

Planet Venus


Planet Venus merupakan planet kedua yang letaknya dekat dengan matahari setelah planet Merkurius. Planet Venus dikenal juga dengan nama planet Kejora, hal ini dikarenakan Jika dilihat dari bumi planet Venus ini tampak sangat berkilau bila dibandingkan dengan bintang.

Planet Venus ini juga biasanya tampak ketika akan menjelang matahari ataupun saat tenggelamnya matahari, planet Venus memiliki diameter sekitar 12100 km dan mempunyai jarak sekitar 108 juta km dari matahari. Planet Venus membutuhkan waktu sekitar 243 hari untuk berotasi dan membutuhkan sekitar 225 hari untuk melakukan revolusi.

3. Planet Bumi

Planet Bumi


Planet bumi merupakan satu-satunya yang saat ini bisa kita tinggali. Planet bumi merupakan planet yang memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti oksigen dan juga air serta suhu dan udara yang cocok bagi kehidupan kita. Planet bumi juga memiliki pelindung alami yang disebut sebagai atmosfer. 

Atmosfer inilah yang dapat melindungi kita dari pancaran sinar matahari secara langsung dan juga melindungi bumi dari tabrakan benda asing yang dapat jatuh sewaktu-waktu. Planet bumi ini berjarak sekitar 150000000 km dari matahari dan membutuhkan sekitar 1 tahun untuk mengelilingi matahari dan membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk melakukan rotasi. Planet bumi ini memiliki diameter sekitar 12700 km.

4. Planet Mars

Planet Mars


Planet Mars disebut juga sebagai planet merah, hal ini dikarenakan planet Mars Jika dilihat dari bumi akan terlihat berwarna merah. Namun Meskipun demikian para ahli berpendapat bahwa planet ini memiliki banyak kesamaan dengan bumi salah satunya adalah dengan ditemukannya keberadaan air sehingga para ahli memprediksi planet Mars Ini bisa juga untuk ditinggali oleh makhluk hidup.


Planet Mars memiliki diameter sekitar 6 ribu delapan kM dan berjarak 227000000 km dari matahari. Planet Mars Ini Membutuhkan waktu sekitar 24,6 Jam untuk melakukan rotasi dan membutuhkan sekitar 687 hari untuk melakukan revolusi.

5. Planet Jupiter

Planet Jupiter


Planet Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya kita dengan diameter sekitar 143000 km dan berjarak sekitar 778 juta km dari matahari. Planet Jupiter digolongkan sebagai planet gas, selain dari ukurannya yang sangat besar planet Jupiter dianggap memiliki gaya gravitasi yang sangat tinggi. 

Ternyata fungsi gravitasi pada planet Jupiter juga pernah menyelamatkan bumi dari tabrakan dengan benda langit lainnya Hal ini dikarenakan planet ini menghisap benda-benda langit yang lewat di dekatnya karena gaya gravitasinya yang tinggi.

Planet Jupiter jam membutuhkan waktu untuk berotasi sekitar 9,8 jam dan menghabiskan waktu sekitar 11 tahun untuk melakukan sekali revolusi.

6. Planet Saturnus

Planet Saturnus


planet Saturnus merupakan planet yang sangat unik hal ini dikarenakan planet ini memiliki cincin yang mengitari planet ini Cincin pada planet Saturnus ini terbuat dari partikel debu dan juga es, sehingga planet Saturnus dinobatkan sebagai planet paling indah dalam tata surya kita. Planet Saturnus memiliki diameter sekitar 120000 km dan berjarak sekitar 1427 juta km dari Bumi kita tercinta ini.


Planet Saturnus membutuhkan waktu sekitar 10,2 jam jam untuk melakukan rotasi dan membutuhkan sekitar 29,5 tahun untuk satu kali revolusi. Sama seperti jupiter planet Saturnus ini juga digolongkan sebagai planet gas hal ini dikarenakan karena letaknya yang jauh dari matahari sehingga mengakibatkan Suhunya sangat dingin.

7. Planet Uranus

Planet Uranus


Planet Uranus merupakan planet terjauh kedua yang ada di tata surya kita. Planet Uranus memiliki diameter sekitar 51000 kilo dan memiliki jarak sekitar 2870 juta km dari matahari. Planet Uranus membutuhkan waktu untuk berevolusi sekitar 84 tahun serta 17,2 untuk melakukan satu kali revolusi. Planet Uranus ini memiliki ciri warna kebiru-biruan hal ini dikarenakan terdapat kabut yang menyelimuti.

8. Planet Neptunus

Planet Neptunus


Planet Neptunus merupakan planet terbesar ke-4 yang ada di tata surya kita dan merupakan planet paling jauh dengan jarak sekitar 4497 juta km. Planet ini juga memiliki kesamaan dengan planet saturnus namun dia lebih berwarna kehijau-hijauan. 

Planet Neptunus Ini Membutuhkan waktu sekitar 15,2 untuk berotasi dan membutuhkan waktu sekitar 164,8 tahun untuk melakukan satu kali revolusi.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis planet yang ada di tata surya kita beserta dengan gambarnya, planet-planet ini mengelilingi matahari sesuai dengan porosnya, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.
Load comments